Sabtu, 25 Oktober 2014

Tutorial : Safety Hunting

Memotret kereta api adalah salah satu hobi yang luar biasa menyenangkan, terutama untuk kita para pecinta kereta api atau yang bisa disebut railfans. Bagi orang-orang yang notabene bukan railfans pun, memotret atau sekedar menikmati kereta api adalah hal yang sangat menyenangkan.

Tentu saja, kita harus bisa menikmati hobi yang menyenangkan ini dengan cara yang sehat dan aman. Keamanan menjadi prioritas utama dalam hobi menikmati kereta api, terutama memotret. Karena apa yang kita potret adalah benda yang besar, keras, dan bergerak dengan cepat, yang mempunyai energi potensial yang besar pula. Dan jangan sampai hobi kita ini mengganggu perjalanan kereta api yang kita cintai.

Lalu, bagaimana kita bisa memotret kereta api dengan aman dan nyaman, tanpa mengganggu perjalanan kereta api dan mengganggu keamanan diri kita sendiri dan orang lain?
Berikut saya berikan beberapa tips safety hunting menurut pengalaman saya selama hunting di rel. Semoga bisa memberikan manfaat.

Jarak yang cukup
Jangan memotret terlalu dekat dengan rel. Dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, ada yang namanya ruang manfaat jalur kereta api. Bisa dilihat di BAB IV Bagian Kedua. Ruang manfaat jalur kereta api sebagaimana dimaksud terdiri atas jalan rel dan bidang tanah di kiri dan kanan jalan rel beserta ruang di kiri, kanan, atas, dan bawah yang digunakan untuk konstruksi jalan rel dan penempatan fasilitas operasi kereta api serta bangunan pelengkap lainnya. Nah tentu saja jika kita tidak boleh hunting di ruang manfaat rel tersebut, apalagi langsung di atas rel nya. Ambillah jarak minimal kurang lebih 5 - 10 meter dari rel jika memungkinkan. Jarak yang terlalu dekat dengan rel juga akan mengganggu masinis dalam menjalankan kereta api.

Jagalah pula jarak aman dengan obyek kereta api yang akan kita ambil gambarnya. Jangan terlalu dekat, kecuali keretanya berhenti hehe :D

Cari spot yang aman
Teknik mencari spot juga berperan penting dalam safety hunting. Selain tidak terlalu dekat dengan rel dan kereta, carilah spot yang benar-benar aman dan nyaman untuk hunting. Apalagi jika kita hunting harus memanjat gunung, membelah hutan, atau melewati tempat-tempat ekstrim seperti sungai, jembatan, dan terowongan. Jangan memaksakan untuk spotting di tempat yang berbahaya meskipun akan menghasilkan foto yang bagus. Ingat, keamanan adalah yang paling penting. 

Jangan hunting sambil mendengarkan musik
Kenapa? Karena kita tidak bisa tahu kalau akan ada kereta yang lewat hehe :D
Selain itu, mendengarkan musik saat kita dekat dengan rel adalah ide yang sangat buruk. Kita tidak akan bisa mendengarkan semboyan 35 atau suara deru kereta yang mendekat. Kita bisa saja kehilangan momen berharga, dan yang lebih parah kita bisa kehilangan nyawa. Mau kehilangan nyawa?

Jangan menelpon saat hunting atau saat berjalan di rel
Sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, menelpon akan mengalihkan perhatian kita. Kita tidak akan tahu ada kereta yang akan mendekat. Kita bisa kehilangan momen dan juga kehilangan nyawa.

Jangan hunting sendirian
Ini juga penting. Meskipun kita adalah orang yang pemberani, tidak takut apapun, atau kita orang yang penyendiri, hunting sendirian bukanlah ide yang bagus. Minimal ajak satu orang untuk menemani kita hunting. Satu orang itu akan berperan sebagai teman, penjaga, pengawas, bahkan lawan untuk berkompetisi mendapatkan foto yang paling bagus. Jika kita mengajak teman untuk hunting, kita bisa saling menjaga, saling mengingatkan, saling membantu selamat kita hunting.

Konfirmasikan dengan petugas terdekat
Bahkan saat kita hunting di lintas. Jika ada petugas yang dekat dengan tempat kita hunting, kita wajib meminta ijin kepada petugas yang sedang bertugas. Entah itu petugas di stasiun, petugas PJL, atau bahkan petugas yang sedang berjalan mengecek petak jalan. Apa gunanya? Selain untuk menjalin keakraban dengan petugas, juga agar ada orang yang tahu bahwa kita sedang hunting kereta api. Terlebih jika kita hunting di tempat dinas mereka. WAJIB hukumnya untuk meminta ijin kepada petugas setempat.

Hapalkan jadwal perjalanan kereta api (Perka)
Menghapal jadwal kereta yang akan melewati stasiun terdekat juga merupakan sebuah kewajiban saat kita hunting. Selain agar kita bisa memotret kereta di tempat dan waktu yang tepat, menghapal perka dan gapeka sangat penting apabila kita hendak berpindah dari satu spot ke spot lain dengan melewati rel, terutama jembatan dan terowongan. Kita bisa melewati jembatan dan terowongan saat jam perka sedang kosong sehingga tidak mengancam keselamatan kita sendiri dan orang lain.

Bawa bekal makanan dan minuman
Kecuali jika kita sedang berpuasa, makanan dan minuman juga merupakan faktor yang sangat penting saat kita hunting. Kekurangan minuman bisa menurunkan tingkat konsentrasi kita. Jika konsentrasi kita menurun, kita tidak akan mendapatkan foto yang bagus. Secara tidak sadar kita juga bisa melakukan hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan diri kita sendiri dan orang lain. Lapar juga bisa sangat mengganggu saat hunting. Kita tidak ingin kan saat kita hunting di gunung atau di sawah, lalu tiba-tiba kita pingsan karena kurang makan :D

Bawalah peralatan keselamatan secukupnya
Payung, jas hujan, dan alas kaki yang memadai sangat penting saat kita hunting. Terutama jika kita hunting di lintas, di sawah, gunung, hutan, sungai, jembatan, dan terowongan. Jangan lupa juga untuk men-charge baterai handphone kita dan membawa powerbank, kalau perlu bawa juga baterai cadangan.

Semua yang telah saya jelaskan di atas adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri dan cerita dari teman-teman saya selama berburu foto kereta api. Utamakan keselamatan selama hunting. Ingatlah bahwa selalu ada resiko dan bahaya yang mengancam kita kapanpun dan di manapun. Oleh karena itu kita harus selalu berhati-hati. Jika ada yang kurang atau salah, silahkan ditambahkan di kolom komentar.



MARI BUDAYAKAN KESELAMATAN SEBAGAI KEBUTUHAN

8 komentar:

  1. ralat mas ... untuk lebih tepatnya ... kereta itu mempunyai energi kinetik .. karna energi potensial itu berhubungan dengan massa dan ketinggian ... sedangkan energi kinetik berhubungan antara massa dan kecepatan kuadrat :) makasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aditya Dwi Nugraha .. :) #anonim

      Hapus
  2. okeeh terima kasih ralat nya :D
    saya memang kurang pinter dalam hal ini hehe

    makasih makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om kenal muhhamad Riski Maulana putaran to gak si railfans Purwokerto sekali kali kerumahnya dia saja

      Hapus
    2. Om kenal muhhamad Riski Maulana putaran to gak si railfans Purwokerto sekali kali kerumahnya dia saja

      Hapus
  3. Ijin copas gambar safetynya gan..

    BalasHapus
  4. Eh ada om dhanie Setiawan kenal muhamhhad Riski Maulana Putranto gak si railfans om sekali kali kerumahnya dia yg ada di purwokerto

    BalasHapus
  5. Eh ada om dhanie Setiawan kenal muhamhhad Riski Maulana Putranto gak si railfans om sekali kali kerumahnya dia yg ada di purwokerto

    BalasHapus